20 Agustus 2008

Tingkatkan penjualan produk anda

Di era modern sekarang ini, banyak sekali produk-produk rumahan, ukm, pabrik besar maupun kecil baik dari produksi dalam negeri maupun luar negeri. Terutama produk China yang sudah membanjiri produk di indonesia. Pada kondisi pasar saat ini konsumen dihadapkan pada pilihan produk yang semakin bertambah dan bertambah. Identitas merek akan membuat proses pemilihan menjadi lebih mudah karena membantu konsumen untuk memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Namun dengan, banyaknya pilihan merek yang tersedia, ini menyulitkan konsumen dalam mengambil keputusan. Karena itu, agar sukses, suatu merek perlu melakukan diferensiasi dan menunjukkan bahwa mereka berbeda dan lebih baik dibandingan merek pesaing.

Cara tradisional untuk diferensiasi adalah dengan membangun suatu keunggulan produk dan menawarkan manfaat fungsional yang lebih baik dan berbeda dibandingkan dengan merek lain. Seiring dengan semakin ‘meratanya dunia’ dan pesatnya perkembangan teknologi, sangat sulit bagi suatu merek yang telah membangun suatu keunggulan produk untuk bertahan lama, karena pemain lain juga akan dapat dengan cepat mengakses teknologi tersebut.

Oleh karena itu agar produk dapat diketahui oleh publik, diperlukan media promosi yang efisien dan cepat. Media promosi ini sangat bermacam-macam, bisa melalui media cetak (koran, majalah, stiker, spanduk, baliho dll) maupun media elektronik (televisi, radio, internet).

Iklan yang paling murah untuk saat ini adalah menggunakan media internet, bisa melalui situs-situs berita seperti detik.com, kompas.com dan lain sebagainya. Demikian juga halnya dengan productsdb.com portal bisnis online yang berbasis b2b (business to business) yang sangat membantu perusahaan dalam hal promosi, pemesanan / order secara lansung senhingga meningkata penjualan produk perusahaan.

Tidak ada komentar: