26 Desember 2008

Mengenal Laporan Arus Kas

Berbeda dengan laba yang diperoleh dari suatu usaha dimana laba merupakan selisih penjualan dikurangi pengeluaran, maka cashflow adalah selisih dari cash yang diterima dikurangi cash yang dikeluarkan (dibayarkan). Perlu diingat, bahwa tidak setiap penjualan berpengaruh terhadap cashflow. Penjualan dengan sistem kredit akan menghasilkan laba (rugi), tetapi pada saat penjualan terjadi belum terjadi penerimaan cash. Penerimaan cash akan terjadi pada saat piutang tersebut dibayar oleh pelanggan.

Proyeksi cashflow ini berguna bagi pemilik usaha untuk memperkirakan berapa besar cash yang diperlukan untuk mencapai target penjualan, dan apakah cash yang dimiliki mencukupi untuk kebutuhan operasional usaha. Dengan perkiraan tersebut akan dapat diambil langkah apakah pemilik usaha akan menggunakan modal sendiri ataukah dia harus mengajukan pinjaman dana pada pihak lain.

Seperti halnya pada proyeksi laba rugi, maka pada perencanaan usaha sebaiknya dibuatkan proyeksi cashflow selama minimal 1 tahun dan dibuat per-bulan.

Tidak ada komentar: