01 Januari 2009

Menentukan Segmen Pasar

Bagaimana cara menentukan segmen pasar yang tepat untuk usaha Anda? Cara berikut mungkin dapat membantu Anda untuk menentukan segmen pasar Anda:

  1. Buatlah daftar semua segmen pasar yang ada, yaitu: berdasar jenis kelamin, usia, pendapatan, profesi, pendidikan, dan lokasi tempat tinggal.

  2. Tentukan segmen pasar Anda. Dalam menentukan segmen pasar, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut:
    • Pilih segmen yang masih sepi pemain. Dengan memilih segmen yang masih sepi pemain, maka tidak akan terlalu banyak pesaing yang harus Anda hadapi, sehingga Anda tidak perlu terlalu bersusah payah merebut pelanggan.

    • Pilih yang paling Anda kuasai. Maksudnya, pilihlah segmen yang paling Anda kenal. Misalnya, Anda sebagai seorang mahasiswa tentu saja Anda menguasai segemn mahasiswa. Dengan memilih segmen yang paling Anda kuasai maka akan memudahkan Anda dalam menentukan langkah marketing selanjutnya. Hal ini karena Anda telah mengenal karakteristik segmen pasar Anda.

    • Pilih yang potensi pasarnya masih akan terus berkembang. Dalam menentukan segmen mana yang akan Anda tuju, Anda juga harus melihat apakah potensi pasar segmen tersebut masih ada kemungkinan untuk berkembang. Karena bila segmen tersebut masih mungkin berkembang potensi pasanya, maka berarti usaha Anda pun masih mungkin untuk terus tumbuh dan berkembang.

  3. Tentukan harga, lokasi dan promosi yang tepat bagi segmen Anda. Setelah Anda menentukan segmen pasar usaha Anda, maka langkah berikutnya adalah Anda menentukan harga yang dapat diterima oleh segmen tersebut, dan promosi yang tepat sesuai karakteristik segmen Anda, lokasi yang mudah dijagkau serta metode distribusi yang perlu Anda gunakan.

Tidak ada komentar: