01 Januari 2009

Promosi

Promosi biasanya diperlukan seorang entrepreneur untuk memperkenalkan, memberikan informasi, atau mengingatkan pelanggan tentang produk / jasanya. Cara-cara berikut ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Kartu nama.
    Di dalam kartu nama selain nama dan jabatan Anda tertera pula nama, alamat, no telpon usaha Anda. Bawalah selalu kartu nama Anda kemanapun Anda pergi.

  2. Discount penjualan.
    Biasanya diskon ini diberikan pada saat pembukaan suatu usaha untuk menarik minat pelanggan untuk mencoba produk/jasa tersebut.

  3. Iklan.
    Iklan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui selebaran, brosur, hingga memasang iklan di barbagai media massa seperti tv, radio, majalah, dan internet.

  4. Mouth to mouth.
    Ini merupakan cara promosi yang paling efektif dan paling murah. Promosi ini bisa Anda dapatkan dengan menyediakan produk dan layanan yang memuaskan bagi pelanggan sehingga para pelanggan itu akan menyebarkannya pada teman, saudara dan lingkungannya.

    Pada salah satu restoran padang terdapat pernyataan yang sangat menarik, yaitu: “Bila Anda puas beritahu teman-teman Anda, bila Anda tidak puas beritahu kami.” Pernyataan itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan promosi dari mulut ke mulut, karena pelanggan biasanya lebih percaya bila promosi itu dilakukan oleh sesama pelanggan daripada oleh pemilik usaha sendiri.

Tidak ada komentar: