01 Januari 2009

Prinsip-prinsip Selling

Esensi dari menjual (selling) adalah menjelaskan bagaimana dan mengapa produk / service yang Anda tawarkan dapat berguna bagi pelanggan Anda. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus dapat menjual produk/service Anda kepada Pelanggan. Berikut beberapa prinsip selling yang dapat Anda gunakan:

  • Tampilkan personal impression yang baik.
    Pada waktu Anda menawarkan produk/service Anda, Anda harus memberikan kesan yang baik pada pelanggan. Persiapkan diri Anda sebaik-baiknya, tampillah dengan rapi dan bersih.

  • Pandanglah menjual seperti mengajar.
    Jelaskan produk Anda dengan senang hati pada pelanggan.

  • Percayalah pada produk/ jasa Anda.
    Saat Anda menjual suatu produk/jasa, maka Anda harus mempercayai bahwa produk/ jasa yang Anda tawarkan memang berguna. Kepercayaan Anda akan mempengaruhi penyampaian Anda kepada pelanggan. Dan jangan salah, pelanggan biasanya dapat merasakan perbedaan antara penjual yang mempercayai produknya dengan penjual yang asal menjual saja.

  • Pahamilah produk/ jasa Anda.
    Produk/jasa Anda adalha modal utama Anda, karena itu yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Oleh karena itu Anda harus menguasai dan memahaminya.

  • Pahami medan yang Anda hadapi, seperti misalnya pesaing Anda.
    Ibarat Anda akan berperang, maka Anda harus mengetahui medan yang akan Anda hadapi. Dengan mengetahui medan yang akan dihadapi, maka Anda akan lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan.

  • Pahamilah pelanggan Anda.
    Ketahui dan pahamilah apakah yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, dan bagaimana produk/jasa Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Berpikirlah positif.
    Tidak setiap penawaran yang Anda lakukan pasti akan tercapai kesepakatan penjualan produk/ jasa Anda. Ada kalanya Anda akan mengalami penolakan dari calon pelanggan Anda. Positive thinking akan membuat Anda siap menghadapi penolakan yang mungkin terjadi dari calon pelanggan Anda.

  • Buatlah catatan.
    Sebaiknya Anda membuat catatan tentang hal-hal penting, antara lain tentang invoices (tagihan) dan kwitansi pembayaran.

  • Buatlah janji terlebih dahulu.
    Sebelum Anda menemui calon pelanggan Anda, sebaiknya Anda membuat janji terlebih dahulu. Karena biasanya orang akan lebih nyaman mendengarkan tawaran dari sales bila mereka memang telah menyediakan waktu untuk itu.

  • Selalu kontak dengan pelanggan dan calon pelanggan potensial Anda.
    Bila Anda telah melakukan penjualan, sebaiknya Anda selalu memaintain pelanggan Anda tersebut, misalnya dengan mengirim kartu ucapan ulang tahun, dan sebagainya. Intinya, jangan sampai Anda putus hubungan dengan pelanggan Anda.

Tidak ada komentar: