01 Januari 2009

Segmen Pasar

Apa sih yang dimaksud dengan segmen pasar? Segmen pasar adalah sekelompok pelanggan tertentu yang mempunyai tanggapan yang relatif sama terhadap stimulasi pemasaran. Kelompok ini biasanya memiliki karakteristik, kebutuhan, dan keinginan yang relatif sama sehingga akan memberikan respon yang relatif sama pula.

Sebagai contoh, setiap orang tentu pernah menggunakan produk sabun mandi. Bila Anda pergi ke supermarket maka Anda akan menemukan berbagai macam dan merk sabun mandi. Ada sabun mandi untuk kecantikan, ada sabun untuk kesehatan, ada yang khusus untuk anak-anak, ada yang mahal harganya, dan ada yang murah serta bentuknya pun ada yang padat dan ada pula yang cair. Semua dijual di tempat yang sama dan masing-masing memiliki pelanggannya sendiri-sendiri. Mungkin Anda adalah pengguna sabun mandi untuk kecantikan karena Anda membutuhkannya untuk memperhalus kulit Anda.

Sementara teman Anda, karena tinggal di daerah yang memiliki kualitas air yang kurang bagus sehingga agak bermasalah dengan kulitnya, lebih cocok menggunakan sabun mandi untuk kesehatan. Nah, Anda yang membutuhkan sabun untuk memperhalus kulit merupakan segmen pasar dari sabun mandi untuk kecantikan, sementara teman Anda yang bermasalah dengan kulitnya merupakan segmen pasar sabun mandi untuk kesehatan.

Mengapa Anda perlu menentukan segmen pasar bagi usaha Anda? Penentuan segmen pasar ini berguna untuk memperjelas pelanggan mana yang akan Anda layani. Bayangkan saja, bila Anda tidak mengetahui siapa pelanggan yang akan dilayani, maka Anda akan menawarkan produk dan jasa Anda kepada siapa saja tanpa arah yang jelas. Ibarat Anda di medan tempur, Anda tidak mengetahui dengan pasti siapa target Anda, maka apa yang terjadi? Anda akan menembakkan senjata Anda pada setiap orang yang Anda temui.

Mungkin salah satu diantara yang Anda tembak tersebut adalah target Anda, tetapi mungkin juga tidak ada satupun target Anda berada di situ. Bila hal itu yang terjadi, maka Anda dapat membayangkan bahwa hal tersebut sangatlah tidak efektif dan efisien.

Demikian pula halnya dengan segmen pasar usaha Anda. Bila Anda sudah mengetahui dengan pasti segmen yang Anda tuju, maka Anda dapat menawarkan produk / jasa Anda pada mereka dengan harga yang acceptable bagi kelompok itu. Selain itu Anda juga dapat melakukan promosi yang sesuai dengan karakteristik mereka. Dengan demikian Anda tidak perlu membuang-buang waktu, tenaga dan uang untuk menawarkan produk / jasa Anda pada orang yang tidak mungkin membelinya.

Tidak ada komentar: