17 Januari 2009

Mengembangkan Daya Saing

Daya saing (competitive edge) sangatlah penting dalam keberhasilan suatu usaha. Suatu usaha dikatakan memiliki daya saing bila pelanggannya memperoleh kesan bahwa produk atau jasa tersebut lebih baik daripada produk / jasa yang ditawarkan pesaing. Untuk menciptakan persepsi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan:
  • Menawarkan harga terendah
    Cara ini adalah cara paling mudah , karena pelanggan juga bisa langsung membandingkan. Tetapi cara ini juga mengandung resiko karena bila semua menggunakan cara ini, maka akan terjadi perang harga yang akan merugikan Anda sebagai pemilik usaha. Selain itu, cara ini biasanya paling efektif dilakukan pada segmen yang sensitive terhadap harga.

  • Membangun kedekatan (relationship) dengan para pelanggan
    Cara ini merupakan cara yang relative lebih murah daripada cara pertama. Dengan membangun kedekatan dengan para pelanggan maka biasanya pelanggan akan mengingat Anda bila membutuhkan produk/jasa yang Anda tawarkan.

  • Penitikberatan pada pelayanan
    Pelayanan yang bagus dan menyenangkan akan membuat pelanggan Anda betah dan akan kembali lagi kepada Anda.

  • Keluwesan organisasi / manajemennya
    Dalam hal ini yang dimaksud adalah keluwesan dalam menerima komplain dari pelanggan. Misalnya, Toko A bersedia menerima dan menukarkan kembali barang yang sudah dibeli dengan jangka waktu tertentu dan persyaratan tertentu, sementara Toko B sama sekali tidak bersedia menerima komplain atas barang yang sudah dibeli. Dengan pelayanan dan harga yang sama biasanya pelanggan akan lebih memilih berbelanja di Toko A daripada di Toko B.
Terdapat enam hal penting dalam mengembangkan daya saing untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan yaitu:
  1. Focus pada pelanggan
    Perlu Anda ingat, bahwa inti dari usaha Anda adalah pelanggan. Oleh karena itu setiap gerak dan pengembangan usaha Anda harus selalu difokuskan pada pelanggan Anda.

  2. Mempertahankan mutu
    Salah satu kesulitan dalam usaha yang mulai berkembang adalah mempertahankan mutu produk/jasa. Biasanya pada usaha yang sedang berkembang order mulai melimpah sementara sumber daya masih terbatas, sehingga biasanya akan berpengaruh pada mutu produk/jasa yang dihasilkan. Bila Anda berhasil tetap memepertahankankan mutu produk/jasa Anda maka niscaya pelanggan Anda akan tetap setia pada Anda.

  3. Memperhatikan kenyamanan
    Bila Anda menyediakan suatu tempat bagi pelanggan Anda untuk mendapatkan prioduk Anda, seperti misalnya sebuah toko atau outlet, maka sebaiknya Anda memperhatikan kenyamanan pelanggan Anda selama berbelanja. Perasaan nyaman itu akan membuat pelanggan Anda betah berlama-lama di toko Anda dan dengan demikian diharapkan akan membuat mereka membeli lebih banyak atau akan kembali lagi kemudian hari.

  4. Konsentrasi terhadap inovasi
    Sebaiknya Anda selalu mencari dan mengembangkan hal-hal baru pada produk/jasa Anda. Hal-hal yang baru diharapkan akan menarik perhatian pelanggan Anda.

  5. Pelayanan
    Pelanggan, dimanapun, menyukai pelayanan yang cepat, ramah dan menyenangkan. Oleh karena itu selalu berikan pelayanan yang terbaik pada para pelanggan Anda.

  6. Kecepatan
    Kecepatan layanan merupakan salah satu kunci kepuasan bagi pelanggan.
Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan daya saing terutama dalam menghadapi pesaing yang besar adalah dengan relationship marketing (pemasaran relasional). Secara singkat, relationship marketing adalah proses pengembangan dan pemeliharaan hubungan jangka panjang dengan pelanggan sehingga mereka tetap kembali berbelanja.


KeteranganRelation marketingTransaksi penjualan
Lama waktuTerus menerusAwal & akhir jelas: transaksi
Konsep kunciKerja samaNegosiasi
Digerakkan olehKesungguhan & kepercayaanMenghasilkan laba dalam transaksi jangka pendek
GayaSaling bergantung satu sama lainTidaksaling bergantung
Implikasi rencana bisnisMembangun jaringan hubungan dengan pemasok dan pelanggan yang dapat diandalkan yang mengarah pada keuntungan jangka panjangMaksimumkan laba jangka pendek membuat laba akhir tampak baik tanpa memperdulikan biaya jangka panjangnya
Keunggulan utamaPengetahuan yang akrab mengenai kebutuhan, keinginan dan kesukaan pelangganTunai di tangan
Kelemahan utamaKebergantungan dengan pihak lain dalam jaringan hubunganKehilangan penjualan bila pesaing memberikan tawaran yang lebih menarik
LandasanBerdasar pengethuanOrientasi laba
RamalanPopularitas meningkatMenuju kemerosotan

Tidak ada komentar: