14 Oktober 2008

Beberapa Ancaman Kegagalan Small Business

Ketidakmampuan Manajemen
Dalam kebanyakan bisnis kecil, kurangnya pengalaman manajemen atau lemahnya pengambilan keputusan merupakan masalah utama dari kegagalan usaha. Kadang-kadang manajer bisnis kecil tidak memiliki kemampuan untuk menjalankannya dengan berhasil. Pemiliknya kurang memiliki kepemimpinan dan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat bisnis berjalan.

Kurangnya Pengalaman
Manajer-manajer bisnis kecil perlu memilliki pengalaman dalam bidang yang akan dimasukinya.

Lemahnya Kendali Keuangan
Manajemen yang sehat adalah kunci perusahaan kecil, dan manajer yang handal menyadari bahwa semua keberhasilan bisnis memerlukan kendali keuangan yang pantas. Dua kesalahan keuangan yang sering trejadi di perusahaan kecil: kekurangan modal dan kelemahan dalam kebijakan kredit terhadap pelanggan.

Gagal Mengembangkan Perencanaan Strategis
Terlalu banyak manajer bisnis kecil yang mengabaikan perencanaan strategis, karena mereka mengira hal tersebut hanya bermanfaat untuk perusahaan besar. “Saya tidak punya waktu” atau “Kami terlau kecil untuk mengembangkan perencanaan strategis,” kata mereka mencari alasan.

Pertumbuhan Tak Terkendali
Pertumbuhan merupakan sesuatu yang alamiah, sehat dan didambakan oleh semua perusahaan, tetapi pertumbuhan haruslah terencana dan terkendali.

Lokasi yang Buruk
Untuk bisnis apapun, pemilihan lokasi yang tepat untuk sebagian merupakan suatu seni—dan sebagian lagi ilmu.

Pengendalian Persediaan yang Tidak Baik
Umumnya, investasi terbesar yang harus dilakukan manajer bisnis kecil adalah dalam persediaan, namun pengendalian persediaan adalah salah satu tanggung jawab manajerial yang paling sering diabaikan.

Ketidakmampuan Membuat Transisi Kewirausahaan
Berhasil melewati “tahap awal kewirausahaan” bukanlah awal jaminan keberhasilan bisnis. Setelah berdiri, pertumbuhan biasanya memerlukan perubahan gaya manajemen yang secara drastis berbeda. Kemampuan-kemampuan yang tadinya membuat seorang entrepreneur berhasil sering kali mengakibatkan ketidakefektifan menajerial.

Tidak ada komentar: