15 Oktober 2008

Networking : Modal Dasar seorang entrepreneur

Seorang pengusaha jelas harus memiliki skill diatas rata-rata dalam berhubungan dengan orang lain. Kemampuan berhubungan dengan orang lain memudahkan dalam membangun relasi dengan banyak pihak atau istilahnya melakukan networking. Disini kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain jelas harus terus diperbaiki dan dikembangkan, bukannya justru dihindari.

Network atau jaringan relasi adalah modal yang paling berharga dalam merintis bisnis baru Anda. Dengan mempunyai banyak jaringan relasi, Anda bisa mendapatkan antara lain hal-hal berikut ini :
  • Berita-berita atau informasi terbaru yang seringkali bisa ditangkap sebagai peluang bisnis atau sebagai alat pengamatan kondisi bisnis terbaru (termasuk mengamati kegiatan pesaing).
  • Pihak-pihak yang mungkin bisa memberikan dukungan bagi bisnis Anda, misalkan permodalan,tenaga kerja, pemasaran dan distribusi, atau mungkin mentor yang bisa memberikan bimbingan untuk Anda.
Untuk memulai membangun network kita harus memulai dengan langkah-langkah yang sederhana dalam kehidupan sehari seperti:
  1. Tumbuhkan rasa percaya diri yang kuat.
  2. Jadilah ‘anak gaul’.
  3. Miliki kartu nama dan berikan pada kenalan baru Anda.
  4. Tawarkan persahabatan yang tulus.

Tidak ada komentar: