15 Oktober 2008

Penguasaan Aspek Dasar dari Bidang Usaha

Anda pun perlu memahami beberapa aspek teknis dasar dalam membuka usaha. Pemahaman akan beberapa aspek teknis ini akan mempermudah langkah Anda dalam membuka maupun dalam menjalankan usaha tersebut. Beberapa aspek teknis yang perlu diperhatikan antara lain adalah:

1. Permodalan Usaha
Permodalan memang seringkali menjadi permasalahan besar bagi mereka yang ingin membuka usaha. Apalagi bagi para calon young entrepreneur yang kebanyakan masih mempunyai dana yang pas-pasan. Yang harus diketahui disini terutama adalah kebutuhan modal secara persis.
2. Aspek hukum dalam usaha
Aspek hukum dalam bisnis bisa menjadi ganjalan di kemudian hari jika kita kurang memahaminya. Untuk menghindari masalah di kemudian hari, ada baiknya Anda mempelajarinya sejak dari awal. Beberapa hal yang pokok yang sebaiknya mendapatkan perhatian khusus antara lain mengenai masalah badan hukum usaha, aspek perpajakan, masalah hak paten, merek, dan juga hak cipta.
3. Pengelolaan Keuangan Usaha
Selama Anda mempersiapkan dan membuka usaha, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah pengelolaan keuangan yang baik. Keuangan adalah urat nadi perusahaan sehingga bila terjadi kebocoran dalam keuangan akibatnya bisa fatal. Satu hal penting yang harus selalu diingat disini adalah jangan lupa memisahkan keuangan pribadi dari keuangan usaha. Jangan lupa juga untuk menyiapkan alternatif-alternatif penyelamatan keuangan Anda jika usaha Anda mengalami kerugian.
4. Menghadapi Persaingan memperebutkan Pelanggan (termasuk marketing)
Sekali kita memutuskan untuk terjun ke dunia usaha, berarti kita harus siap untuk bersaing dengan pemain-pemain lain karena kita tidak sendirian di dunia bisnis. Persaingan ini sangat erat hubungannya dengan bagaimana memperebutkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Memperebutkan pelanggan tidak akan lepas dari urusan pemilihan pasar usaha yang tepat, mempromosikan usaha, dan bagaimana mempertahankan pelanggan dengan cara meminimalkan keluhan mereka.
5. Perlunya mencari mentor yang kompeten
Seorang mentor yang bisa membimbing Anda dalam menjalankan usaha akan sangat bermanfat. Mentor dapat berfungsi sebagai pembimbing Anda dalam segi teknis maupun psikologis usaha. Seorang mentor yang baik dapat memberikan motivasi dan arahan yang tepat dalam bisnis Anda. Hal ini tentu saja dapat mengurangi kegamangan sekaligus meminimalkan risiko usaha Anda.
6. Evaluasi usaha
Evaluasi usaha sangat penting untuk mengetahui kondisi usaha Anda, memperbaiki aspek yang masih lemah dan menyempurnakan yang sudah baik, serta memberikan arah perkembangan usaha Anda selanjutnya. Dalam kondisi yang buruk, evaluasi bisa memberikan arah apakah Anda sebaiknya meneruskan usaha Anda atau menutup usaha Anda. Evaluasi usaha bisa dilakukan secara berkala ataupun secara insidentil jika dirasa ada masalah mendesak yang membutuhkan evaluasi segera. Aspek yang perlu dievaluasi dalam evaluasi rutin mencakup semua aspek yang ada dalam usaha kita antara lain kondisi keuangan usaha, efektifitas dan efisiensi usaha.

Tidak ada komentar: