15 Oktober 2008

Kendala dari Orang Terdekat

1. Orangtua
Tidak sedikit calon yang entrepreneur yang mengungkapkan kepada saya, bahwa salah satu kendala yang dialaminya dalam memulai usaha adalah adanya kendala berupa tentangan dari orangtua. Hal ini tentu merupakan salah satu masalah besar yang memang harus dicarikan solusinya. Maklum, kebanyakan dari calon young entrepreneur memang sangat dekat dan masih sangat tergantung dengan orangtua. Berikut ini beberapa alasan yang sering dikemukakan oleh orangtua sebagai dasar penentangan atas langkah Anda sebagai entrepreneur :
  • Ketidakmampuan dalam time management
  • Meneruskan usaha orang tua
  • ‘Kerja kantoran’ lebih bergengsi
  • Ketidakyakinan atas kemampuan bisnis Anda
2. Sahabat
Tapi bisa juga terjadi bahwa kawan atau sahabat Anda justru menjadi kendala yang paling besar bagi perjuangan Anda menjadi seorang entrepreneur. Misalnya saja, mereka bisa saja mengendorkan semangat Anda baik secara disengaja maupun tidak disengaja.

Sebagai contoh, jika Anda pernah mencoba berbisnis dengan menjadi distributor multi-level marketing (MLM), pernahkah Anda mencoba menawarkannya pada kawan atau sahabat Anda? Kemudian, apa reaksinya? Saya percaya bahwa Anda pernah menawarkannya pada sahabat terdekat anda dan saya percaya juga bahwa banyak diantara mereka yang melakukan penolakan. Bahkan, seringkali juga mencemooh dan mencela keputusan Anda untuk menjadi distributor MLM. Lebih ekstremnya lagi, mereka bisa saja meninggalkan Anda dan Anda tidak lagi dianggap sahabat oleh mereka. Dinilah keteguhan mental Anda sebagai seorang entrepreneur akan diuji, sekaligus Anda akan dapat melihat siapa sebenar-benarnya sahabat sejati Anda. Sahabat sejati akan selalu bisa menerima Anda dalam kondisi apapun.
3. Pacar atau calon pasangan hidup
Nah, ini dia. Jangan pernah meremehkan keberadaan pacar Anda , apalagi kalau pacar Anda merupakan ‘pacar tetap’ alias sudah pasti menjadi calon istri atau suami Anda kelak. Dukungan pacar Anda terhadap langkah yang Anda ambil untuk menjadi entrepreneur bisa menjadi sumber kekuatan yang akan membuat semangat Anda menyala-nyala dan pantang menyerah menghadapi berbagai kendala.

Namun bisa juga bahwa calon pasangan hidup Anda akan menentang keras langkah Anda ini. Alasannya bisa bermacam-macam seperti halnya kendalan dari orangtua, dari mulai urusan gengsi hingga yang lebih substansial adalah masalah ketidakpastian income.

Disini kita tidak bisa memberikan rumusan baku dalam memberikan solusi karena sifatnya akan sangat pribadi sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing orang. Yang penting disini adalah, komunikasi antara Anda dan pasangan Anda harus selalu diutamakan. Yakinkan pasangan Anda bahwa langkah yang Anda tempuh ini semata-mata demi masa depan Anda dan dia nantinya. Tentu saja selain Anda harus bisa ‘merayu’ pasangan Anda untuk mendukung langkah Anda, Anda juga harus berpikir lebih matang dalam mengambil langkah sebagai entrepreneur karena kondisi Anda yang sudah memiliki pasangan. Misalkan saja, Anda bisa saja bekerja dulu supaya mendapatkan gaji tetap , tetapi sambil membuka usaha sampingan yang akan terus dikembangkan sampai akhirnya Anda bisa full mengurusi usaha tersebut.

Tidak ada komentar: