21 Oktober 2008

Mengenal Biaya (Cost) dalam Bisnis

Biaya pada usaha yang baru mulai beroperasi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  1. Biaya awal (start-up cost)
  2. Biaya operasional, termasuk di dalamnya fixed dan variable cost
  3. Harga pokok penjualan
1. Biaya Awal
adalah biaya yang harus keluar di awal usaha tersebut dimulai. Contoh, Anda hendak memulai suatu usaha sebuah stand hot dog, maka biaya awal akan meliputi biaya pembelian stand, ijin berjualan, alat-alat masak, bahan-bahan makanan awal, dan sebagainya.
2. Biaya Operasional
adalah biaya yang dikeluarkan untuk membiayai operasional usaha tersebut. Biaya ini disebut juga dengan istilah overhead cost, dan dibagi menjadi 6 kategori (biasanya disingkat USAIIR), yaitu:
1. Utilities (listrik, air, telpon)
2. Salaries (gaji)
3. Advertising (promosi dan iklan)
4. Insurance (asuransi) – jika ada
5. Interest (bunga) –jika ada
6. Rent (sewa) –jika ada

Selain dibagi menjadi 6 kategori, overhead terdiri dari 2 jenis biaya, yaitu fixed cost (biaya tetap) dan variable cost (biaya tidak tetap).
  • Biaya tetap adalah biaya yang secara rutin harus dikeluarkan tanpa dipengaruhi oleh banyaknya jumlah barang/jasa yang terjual (tidak dipengaruhi oleh tingkat penjualan). Contoh biaya tetap adalah biaya sewa, gaji, penyusutan, dan sebagainya.
  • Biaya tidak tetap adalah biaya yang besarnya tergantung dari banyaknya barang / jasa yang diproduksi (terkait dengan tingkat penjualan). Contoh: komisi penjualan, biaya iklan, dan sebagainya.
3. Harga Pokok Penjualan (HPP)
Merupakan harga (biaya) pembuatan suatu barang yang dijual. Pada usaha yang bergerak di bidang service maka HPP (service) merupakan harga (biaya) untuk memberikan satu unit layanan. Contoh, pada usaha restoran, harga pokok penjualan adalah harga (biaya) yang dikeluarkan untuk menghasilkan makanan yang disajikan pada pelanggan. Total HPP akan meningkat bila jumlah pelanggan yang dilayani meningkat.
Jangan pernah biarkan pelanggan tahu berapa HPP Anda, jika mereka tahu, mereka tidak akan menerima harga yang Anda tawarkan dan akan menawar lebih rendah !!!

Tidak ada komentar: