17 Oktober 2008

Beberapa Kiat Menghindari Kegagalan di Awal Usaha

Mengenal Bisnis Anda Secara Mendalam
Kita telah menekankan perlunya pengalaman yang relevan dalam bisnis yang Anda akan didirikan. “Bila Anda masuk ke dalam suatu kegiatan yang tidak benar-benar Anda ketahui, Anda akan gagal,” kata seorang konsultan bisnis kecil. Dapatkah pendidikan yang terbaik yang mungkin diperoleh di bisnis itu sebelum membuka bisnis Anda sendiri. Baca segala hal yang mungkin jurnal niaga, majalah bisnis sehubungan dengan bisnis Anda. Hubungan pribadi dengan pemasok, pelanggan, perkumpulan bisnis, dan kegiatan lainnya dalam industri yang sama adalah cara lain yang baik untuk memperoleh pengetahuan itu.
Wirausahawan yang berhasil, bagaikan karet busa, menyerap sebanyak mungkin pengetahuan dari berbagai sumber.


Mengembangkan Bisnis yang Matang
Untuk wirausahawan yang baru, rencana bisnis yang ditulis dengan baik adalah resep yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Tanpa rencana bisnis yang matang, perusahaan berjalan tanpa arah yang jelas. Namun para wirausahawan, yang cenderung menjadi orang yang cepat bertindak, sering kali melompat ke suatu usaha bisnis tanpa meluangkan waktu untuk mempersiapkan rencana tertulis yang menggambarkan pokok-pokok kegiatan bisnisnya. “kebanyakan wirausahawan tidak memiliki rencana bisnis yang matang,” kata seorang pemilik bisnis. “Tetapi rencana bisnis yang seksama dan informasi keuangan yang tepat merupakan hal yang kritis. Ini semua akan membantu dalam mengambil keputusan yang penting mengenai bisnis Anda; dan Anda harus terus menerus memantau apa yang Anda capai dibanding dengan apa yang Anda rencanakan.


Mengelola Sumber Daya Keuangan
Pertahanan terbaik untuk menghadapi persoalan keuangan adalah dengan mengembangkan sistem informasi keuangan dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk pengambilan-pengambilan keputusan bisnis. Tidak ada wirausahawan yang dapat mengendalikan bisnisnya tanpa mengetahui kesehatan keuangannya. Langkah pertama dalam mengelola bisnis secara efektif adalah dengan memiliki modal permulaan yang cukup.
Sumber daya keuangan yang paling berharga untuk bisnis kecil adalah uang tunai. Memang menghasilkan laba itu penting untuk dapat bertahan dalam jangka panjang, tetapi sebuah perusahaan harus cukup memiliki uang untuk membayar tagihan dan kewajiban lainnya.


Memahami Laporan Keuangan
Setiap pemilik bisnis harus mengandalkan catatan dan laporan keuangan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnisnya. Hampir selalu catatan-catatan ini hanya digu nakan untuk keperluan pajak dan tidak dimanfaatkan sebagai alat pengendali yang vital. Untuk benar-benar mengenal apa yang terjadi di dalam bisnis, seorang wirausahawan paling tidak harus memiliki pemahaman dasar mengenai akuntansi dan keuangan.


Belajar Mengelola Manusia Secara Efektif
Tidak menjadi soal apa jenis bisnis yang Anda luncurkan, Anda harus mengelola manusia. Setiap bisnis bergantung pada landasan karyawan yang terlatih baik dan termotivasi. Tidak ada pemilik bisnis yang dapat mengerjakan segala sesuatunya sendirian. Orang-orang yang diperkerjakan oleh sang wirausahawan pada akhirnya akan menentukan seberapa jauh berusahaan akan berkembang atau seberapa dalam perusahaan akan jatuh.


Jaga Kondisi Anda
“Memulai bisnis seperti lari marathon. Bila Anda secara fisik dan mental tidak siap, sebaiknya Anda mengerjakan hal yang lain saja,” kata seorang konsultan bisnis. Keberhasilan bisnis Anda akan tergantung pada keberadaan dan perhatian Anda secara terus menerus, oleh karena itu Anda perlu memantau kesehatan Anda dengan cermat.

Tidak ada komentar: